MEDIA PEMBELAJARAN
by riyan juanda in Label:

 
BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Dalam pelaksanaan pembelajaran di SD menuntut peran aktif dan konstruktif dari para guru dalam memilih atau menggunakan sumber dan media pembelajaran sesuai standart kompetensi dan kompetensi dasar yang telah di tentukan. Keberadaan sumber dan media pembelajaran dalam sistim intruksional adalah sebagai perwujudan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang di harapkan.
Setiap kegiatan pembelajaran di SD seharusnyan menekankan kepada keaktifan, kreativitas murid, keefektifan pembelajaran dan kegiatan yang menyenangkan, dalam hal ini peranan guru dalam pembelajaran sangatlah di perlukan. Peranan guru dalam pembelajaran adalah :
1.    Menggunakan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran, termasuk memanfaatkan lingkungan sekitar.
2.    Menata kelas dengan lebih baik, memajang buku / bahan yang menarik di rak buku, dan memajang hasil karya siswa di papan pajangan.
3.    Memakai cara – cara pembelajaran yang bersifat kerjasama.
Sumber belajar yang utama bagi guru adalah sarana cetak dan lingkungan
sekitar (lingkungan alam, social dan budaya).
Pembelajaran yang baik memerlukan sebanyak mungkin sumber belajar untuk memperkaya pengalaman belajar siswa. Pengambilan sumber belajar hendaknya di pilih, dan diselaraskan dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai.