BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam pelaksanaan pembelajaran di
SD menuntut peran aktif dan konstruktif dari para guru dalam memilih atau
menggunakan sumber dan media pembelajaran sesuai standart kompetensi dan
kompetensi dasar yang telah di tentukan. Keberadaan sumber dan media
pembelajaran dalam sistim intruksional adalah sebagai perwujudan untuk
meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang di
harapkan.
Setiap kegiatan pembelajaran di
SD seharusnyan menekankan kepada keaktifan, kreativitas murid, keefektifan
pembelajaran dan kegiatan yang menyenangkan, dalam hal ini peranan guru dalam
pembelajaran sangatlah di perlukan. Peranan guru dalam pembelajaran adalah :
1.
Menggunakan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran, termasuk
memanfaatkan lingkungan sekitar.
2.
Menata kelas dengan lebih baik, memajang buku / bahan yang menarik di
rak buku, dan memajang hasil karya siswa di papan pajangan.
3.
Memakai cara – cara pembelajaran yang bersifat kerjasama.
Sumber belajar yang utama bagi
guru adalah sarana cetak dan lingkungan
sekitar (lingkungan alam, social
dan budaya).
Pembelajaran yang baik memerlukan
sebanyak mungkin sumber belajar untuk memperkaya pengalaman belajar siswa. Pengambilan
sumber belajar hendaknya di pilih, dan diselaraskan dengan tujuan pembelajaran
yang ingin di capai.