1.
Metode Pembelajaran - Metode Ceramah
Metode ceramah merupakan metode yang paling umum atau paling
banyak digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Metode ceramah
merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau
materi pelajaran kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Kelebihan-kelebihan
metode ceramah adalah:
- Guru mudah menguasai kelas.
- Mudah mengorganisasikan tempat duduk/kelas.
- Dapat diikuti oleh jumlah siswa yang besar.
- Mudah mempersiapkan dan melaksanakannya.
- Guru mudah menerangkan pelajaran dengan baik.
Kekurangan-kekurangan
metode ceramah adalah:
- Mudah terjadi verbalisme (pengertian kata-kata).
- Yang visual menjadi rugi, yang auditif (mendengar) yang besar menerimanya.
- Bila selalu digunakan dan terlalu lama, membosankan.
- Guru menyimpulkan bahwa siswa mengerti dan tertarik pada ceramahnya, ini sukar sekali.
2.
Metode Pembelajaran - Metode Diskusi
Metode diskusi merupakan salah satu metode pembelajaran yang
dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran dengan memberikan siswa
suatu permasalahan untuk diselesaikan bersama-sama. Sehingga akan terjadi
interaksi antara dua atau lebih siswa untuk saling bertukar pendapat,
informasi, maupun pengalaman masing-masing dalam memecahkan permasalahan yang
diberikan oleh guru. .Tujuan penggunaan metode diskusi dalam kegiatan
pembelajaran seperti yang diungkapkan Killen (1998) adalah ” tujuan utama
metode ini adalah untuk memecahakan suatau permasalahan, menjawab pertanyaan,
menambah dan memahami pengatahuan siswa, serta untuk membuat suatu keputusan.
Kelebihan-kelebihan
metode diskusi adalah :
- Siswa memperoleh kesempatan untuk berpikir.
- Siswa mendapat pelatihan mengeluarkan pendapat, sikap dan aspirasinya secara bebas.
- Siswa belajar bersikap toleran terhadap teman-temannya.
- Diskusi dapat menumbuhkan partisipatif aktif dikalangan siswa.
- Diskusi dapat mengembangkan sikap demokratif, dapat menghargai pendapat orang lain.
- Dengan diskusi, pelajaran menjadi relevan dengan kebutuhan masyarakat.
Kekurangan-kekurangan
metode diskusi adalah :
- Diskusi terlalu menyerap waktu.
- Pada umumnya siswa tidak terlatih untuk melakukan diskusi dan menggunakan waktu diskusi dengan baik, maka kecenderungannya mereka tidak sanggup berdiskusi.
- Kadang-kadang guru tidak sanggup memahami cara-cara melaksanakan diskusi, maka kecenderungannya diskusi tanya jawab.