RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : SD
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA 4A
KELAS / SEMSESTER : V / I
HARI / TANGGAL : SELASA, 20 – 05 – 2012
ALOKASI WAKTU : 1x 10 MENIT
STANDAR KOMPETENSI
2.
Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam
pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR
2.1Menuliskan tanda waktu dengan notasi 24 jam
INDIKATOR
1.
Membaca tanda waktu dalam 24 jam.
2.
Menulis tanda waktu dalam 24 jam.
3.
Melakukan pengerjaan hitung tentang waktu.
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat Membaca tanda waktu
dalam 24 jam.
2.
Siswa dapat Menulis tanda waktu dalam 24 jam.
3.
Siswa dapat Melakukan pengerjaan hitung tentang waktu.
II.
MATERI POKOK
A. Menuliskan
Tanda Waktu dengan Menggunakan Notasi 24 Jam
1. Menentukan Tanda Waktu
dengan Notasi 12 Jam (Melibatkan Keterangan Pagi, Siang, Sore, atau Malam)
Siang
hari dari matahari terbit hingga matahari terbenam, lamanya 12 jam. Malam hari
dari matahari terbenam hingga matahari terbit, lamanya 12 jam. Matahari terbit
pukul enam pagi, ditulis pukul 06.00 pagi. Matahari terbenam pukul enam sore,
ditulis pukul 06.00 sore. Tengah hari pukul dua belas, ditulis pukul 12.00
siang. Menentukan tanda waktu dengan notasi 12 jam, harus diberi keterangan
pagi, sore, atau malam. Pukul 08.00 tanpa keterangan mempunyai 2 arti yaitu
pukul 08.00 pagi atau pukul 08.00 malam.
2. Menentukan Tanda Waktu
dengan Notasi 24 Jam
Sehari
semalam lamanya 24 jam. Pergantian tanda waktu adalah tengah malam atau pukul
12 malam. Dalam notasi 24 jam, pukul 12.00 malam sama dengan pukul 24.00. Tidak
seperti notasi dalam 12 jam, menentukan tanda dengan notasi 24 jam tidak
menggunakan keterangan pagi, siang, atau malam, tetapi dengan notasi 00.00
sampai dengan 24.00.
B Melakukan Operasi Hitung Satuan Waktu
Pada bagian ini, kalian akan mempelajari operasi
hitung satuan waktu sehingga kalian akan lebih memahami tentang jam, menit, dan
detik. Di kelas IV kamu sudah mempelajari
kesetaraan antarsatuan waktu dan pengerjaan
hitungnya.
1 jam = 60 menit
1 menit = 60 detik
Misal:
1 jam 45 menit
2 jam 30 menit
––––––––––––– +
3 jam 75 menit
atau
4 jam 15 menit
III.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya Jawab
IV.
Langkah – Langkah Pembelajaran
No
|
Langkah – Langkah Kegiatan
|
Waktu (menit)
|
1.
|
Kegiatan Awal
1.
Guru mengucapkan salam, berdoa, presensi, penertiban siswa.
2.
Apersepsi, guru mengajak siswa mengingat kembali sekilas materi
pembelajaran tentang ‘’waktu’’ di kelas dua.
3.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.
|
3 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
1.
Meminta salah satu siswa untuk maju dan menentukan tanda waktu dengan
media yang sudah di sediakan guru.
b.
Elaborasi
1.
Guru memberi sebuah penggaris ke siswa, setelah itu guru memberikan
pertanyaan dan siswa menjawabnya, begitu seterusnya sampai sebagian siswa
mendapat giliran.
c.
Konfirmasi
1.
Mengkondisikan siswa untuk meninjau kembali materi yang di pelajari.
2.
Guru mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan.
|
5 Menit
|
3.
|
Kegiatan akhir
1.
Simpulan : guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
2.
Tindak lanjut : Memberi tugas rumah atau PR
|
2 Menit
|
V.
Alat / Media
a.
Nama Media : Replika Jam (tiga dimensi)
b.
Sumber Belajar
Ø
Gemar Matematika 5
VI.
Penilaian
a.
Jenis Penilaian : Tes
Tulis
b.
Alat Penilaian : Lembar Soal
LKS, Evaluasi
VII. Lampiran
1.
Bahan Ajar
2.
LKS
3.
Soal, Kunci Jawaban, Pedoman Penskoran
Lampiran 1
1.
Bahan Ajar
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Lampiran 2
Lembar Kerja Siswa
Buatlah jadwal kegiatan sehari-harimu dalam bentuk
tabel. Jadwal dimulai dari bangun tidur pagi sampai tidur malam. Misal seperti
tabel di bawah ini.
Pukul
|
kegiatan
|
Lama kegiatan
|
05 – 06
|
Membersihkan kamar dan mandi
|
1 jam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 4
1.
SOAL
1.
1
jam = ………. Menit
2.
210
menit =……… jam
3.
pukul
8 malam ditulis
pukul
(……..+ …….) = pukul ………..
4.
pukul
4 sore ditulis
pukul (……
+………) = pukul………..
5.
pukul
10 malam ditulis
pukul (…….+……..) = pukul………..
1.
Kunci Jawaban
1.
1
jam =1
× 60 Menit = 90 Menit
2.
210
menit =
× 1 jam = 3
jam
3.
pukul
8 malam ditulis
pukul (12.00+08.
00 ) = pukul 20.00
4.
pukul
4 sore ditulis
pukul (12.00+04.00)
= pukul 16.00
5.
pukul
10 malam ditulis
pukul (
12.00 + 10.00) = pukul 22.00
2.
Penskoran, Setiap soal diberi bobot 20, jika betul
semua skor maksimal 100
NA
Keterangan
NA = Nilai Akahir
NP = Nilai Proses
NEA = Nilai
Evaluasi Proses